Mekanisme Terjadinya Penyakit Dermatitis

Mekanisme Terjadinya Penyakit Dermatitis
Dermatitis
Dalam kehidupan masyarakat yang sangat maju dan canggih masih ada banyak penyakit yang belum teratasi. Ada banyak sekali penyakit seperti penyakit kulit, penyakit jantung, penyakit menular dan lain sebagainya. Disini kami akan menjelaskan sedikit tentang penyakit kulit. Penyakit kulit adalah  suatu penyakit yang terjadi pada daerah daerah kulit seperti dermatitis, sifilis, herpes dan lain sebagainnya. Penyakit dermatitis adalah suatu peradangan pada kulit yang terjadi pada daerah dermis atau kulit bagian paling luar. Sebenarnya dermatitis dibagi menjadi dua yaitu dermatitis atopik dan dermatitis iritan. Dermatitis atopik adalah suatu peradangan pada kulit yang terjadi pada kulit disertai dengan atopi sedangkan dermatitis iritan adalah suatu peradangan yang terjadi akibat iritasi. Dermatitis belum diketahui penyebab secara pasti. Ada faktor-faktor lain yang mengakibatkan penyakit dermatitis seperti :
  • Kurangnya menjaga kebersihan diri atau personal hygiene
  • Adanya bakteri pada kulit
  • Terkena suatu media seperti air panas, benda tajam atau lain sebagainya

Penyakit dermatitis adalah suatu penyakit pada daerah kulit. Dermatitis terjadi akibat adanya suatu bakteri yang menginfeksi suatu kulit yang menyebabkan terjadinya inflamasi atau peradangan pada kulit. Biasanya penderita dermatitis paling banyak di derita oleh bayi dibandingkan orang dewasa disebabkan seorang anak bayi tidak bisa untuk membersihkan kebersihan tubuhnya sendiri jadinya resiko terjadinya penyakit dermatitis paling banyak terjadi pada bayi Banyak sekali gejala yang dihasilkan oleh penyakit dermatitis seperti :
  • Rasa gatal pada kulit
  • Akan muncul tanda - tanda peradangan berupa kemerahan pada kulit
  • Rasa nyeri pada daerah penyakit 
  • Biasanya penderita dermatitis akan merasakan demam yang tinggi akibat proses infeksi
Penyakit dermatitis sangat berbahaya dan harus segera diatasi agar tidak menyebabkan gejala lainnya. Apabila seseorang menderita penyakit dermatitis setelah itu tidak segera teratasi maka akan banyak menyebabkan komplikasi tambahan. Komplikasi yang dihasilkan dari penyakit dermatitis seperti herpes, luka luar dan rasa gatal. Dermatitis biasanya lebih sering terjadi pada daerah yang lembab. 

Penyakit dermatitis dapat menyerang semua orang. Oleh karena itu kita harus benar-benar siap dalam menangani penyakit dermatitis. Penanganan untuk penyakit dermatitis secara optimal dengan beberapa cara yaitu :
  • Selalu menjaga kebersihan seluruh badan dan tempat yang sempit
  • Selalu mengkonsumsi makanan yang bergizi dan sehat
  • Gunakanlah baju yang tipis berfungsi agar dapat menyerap keringat dalam tubuh manusia dan mengurangi kelembapan. Baju yang tebal dapat menyebabkan seseorang mengeluarkan keringat akibatnya akan tumbuh banyak bakteri.
  • Jika terjadi peradangan dan proses infeksi sebaiknya gunakan antibiotik untuk mengurangi tumbuhnya bakteri.
  • Gunakanlah obat luar juga untuk mengobati luka bagian luar. 
  • Apabila penyakit dermatitis masih belum sembuh sebaiknya periksakan ke tenaga medis terdekat untuk mendapat perawatan yang optimal.
Penyakit dermatitis adalah suatu peradangan pada kulit yang terjadi diluar dan di lapisan dalam kulit. Apabila seseorang menderita dermatitis sebaiknya segera periksa ke tenaga medis untuk mendapatkan perawatan medis secara cepat dan tepat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mekanisme Terjadinya Penyakit Dermatitis"