Pengetahuan Mengenai Penyakit Parkinson

Pengetahuan Mengenai Penyakit Parkinson
Penyakit Parkinson
Ketika usia anda sudah semakin bertambah bisanya penyakit akan lebih banyak menyerang, soalnya sistem pertahanan tubuh dan organ tubuh menjadi menurun. Salah satunya penyakit yang di derita seseorang yang sudah berusia 50 tahun adalah penyakit Parkinson. Penyakit Parkinson adalah  suatu kelainan gangguan saraf yang terjadi akibat penurunan sistem saraf pusat otak yang bertangggung jawab untuk mengatur pergerakan tubuh pada seseorang. Penyakit Parkinson paling banyak memanga terjadi pada seseorang yang sudah tua dibandingkan pada anak-anak. Penyakit Parkinson dapat terjadi pada seseorang diakibatkan oleh faktor pemicu seperti dibawah ini:
  • Akibat faktor usia yang semakin tua. Soalnya ketika usia anda bertambah maka dopamine yang berada pada otak akan mengalami penuruna.
  • Gangguang penyakit lainnya seperti meningitis dan ensefalitis. Ketika seeorang mengalami infeksi yang disebabakan oleh adanya virus yang menyerang otak, akhirnya dapat merusak sistem sel di dalm otak.
  • Adanya trauma pada otak seperti akibat kecelakan ketika berkendara, luka kepala dan benturan pada kepala.
  • Banyaknya mengkonsumsi obat-obatan golongan psikotropik. Padahal kita tahu sendri bahwa seseorang yang sering minum obat-obat golongan psikotropik dapat mengalami keracunan karbonmonoksida dan menyebabkan terbentuknya dopamine
Sebenarnya saat neurotransmiter pada otak ini memiliki bagian terpenting yaitu dopamin. Dopamin berfungsi sangat penting untuk menghambat gerakan pada sistem pusat otak dalam mengatur gerakan. Padahal secara normal dopamin memiliki konsentrasi yang tinggi pada otak. Ketika kadar dopamine mengalami penipisan maka akan menyebabkan terjadinya beberapa gangguan sseperti kekakuan dan tremor (gemetar).
Masalah utama yang terjadi penyakit parkinson adalah gangguan gerakan, otot yang kaku dan tremora yang terjadi pada tubuh. Ketika penyakit ini semakin bertambah parah maka akan muncul gejala seperti mengalami kekakuan saat dibuat menulis, sering mengalami tremor dan sulit untuk mempertahankan gerakan.  Beberapa gejala yang dihasilkan dari penyakit parkinso seperti :
Penyakit parkinson terjadi akibat kelainan di batang otak yitu pada daerah substansi nigra mesensefalon. Penyakit ini menyebabkan dopamine yang berada di dalam otak berkurang proses pembentukannya. Gejala yang dihasilkan oleh penyakit parkinson seperti :
  1. Seseorang akan mengalami bradinkinesia atau melakukan gerakan yang lambat tetapi akan hilang sendiri
  2. Akan terjadi tremor yang menetap dan sering
  3. Anda sekalian tidak dapat mengontrol atau mengatur tindakan tubuh
  4. Mengalami gangguan saraf seperti kesulitan saat dibuat tidur, sering berkeringat dan terjadi penyakit hipotensi.
  5. Akan muncul masalah lainnya seperti demensia dan depresi
  6. Seseorang akan mengalami wajah seperti topeng
Inilah beberapa gejala yang biasanya muncul pada seseorang yang mengalami penyakit parkinson.

Penanganan yang dapat dilakukan untuk penyakit parkinson
Sebaiknya jika anda menderita penyakit parkinson harus segera ditangani. Beberapa penanganan yang dapat anda sekalian lakukan seperti:
  • Sebaiknya melakukan olah raga setiap hari 
  • Selalu mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi
  • Gunakan obat-obatan untuk mengurangi gejala yang dihasilkan penyakit parkinson seperti levodopa, amantidin, dan bromokiptin
  • Sering konsultasikan dengan dokter saraf untuk mengatahui perkembangan penyakit parkinson
Jika kalian semua tidak ingin mengalami penyakit parkinson sebaiknya kita perbaiki pola kehidupan kita sehari-hari. Sebaiknya untuk melakukan olahraga seperti jalan kaki dan menggerakan sedikit tubuh anda. Soalnya tubuh yang sehat membuat sistem pertahanan tubuh semakin kuat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengetahuan Mengenai Penyakit Parkinson"